Seminar Rancangan Aktualisasi, apa itu?

Ciawi-PPASN. Pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS tahun 2019 Angkatatan I sudah sampai pada tahap seminar rancangan aktualisasi. Apa itu? Kegiatan aktualisasi dimaksudkan untuk mendidik peserta menerapkan nilai-nilai dasar ASN dalam menjalankan tugasnya sebagai sebagai pelayan masyarakat yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi atau yang kerap disebut ANEKA.

Peserta Latsar CPNS diwajibkan membuat rancangan kegiatan yang akan dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA yang mereka dapatkan selama 21 hari mengikuti kegiatan on campus, kemudian dipaparkan dalam seminar rancangan aktualisasi di hadapan penguji dan didampingi coach beserta mentor, sebelum mereka memasuki tahap off campus untuk mengaktualisasikan ANEKA dalam pekerjaan di instansi tempat mereka bekerja selama 30 hari. Rancangan aktualisasi ini dimulai dengan menganalisis isu-isu, dilanjutkan dengan menentukan isu utama yang akan diangkat, membuat rencana dan tahapan kegiatan yang akan dilakukan, dan membuat timeline kegiatan.

Usai 30 hari mengaktualisasikan ANEKA, mereka harus membuat laporan pelaksanaan aktualisasi yang nantinya juga akan dievaluasi kembali dalam Seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi. -rif-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *