Pengawas Juga Diuji

Ciawi-PPASN. Setelah mengikuti kegiatan on dan off campus di Pusat Pengembangan ASN BKN, Senin (15/04/2019) ini dilaksanakan Seminar Rancangan Laporan Proyek Perubahan untuk peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV bagi 32 Pejabat Pengawas, 30 orang dari BKN, 1 orang dari Kementerian Sosial dan 1 orang dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Tertuang dalam PP 11/2017 tentang Manajemen PNS, salah satu persyaratan untuk menduduki jabatan Pengawas adalah memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai standar kompetensi yang dibuktikan berdasarkan hasil evaluasi oleh tim penilai kinerja PNS di instansinya. Sementara itu Kompetensi Manajerial diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen, dan pengalaman kepemimpinan. Sehingga mereka wajib mengikuti pelatihan kepemimpinan untuk memenuhi tuntutan kepemilikan kompetensi tersebut.

Merujuk juga pada Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 20 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV, pelatihan ini dilaksanakan dengan jumlah Jam Pembelajaran sebanyak 893 JP dengan rincian 290 JP untuk pembelajaran klasikal, dan 603 JP atau 67 hari kalender untuk pembelajaran non klasikal. Pada saat pembelajaran klasikal, peserta diasramakan dan diberikan kegiatan penunjang kesehatan jasmani/mental sebanyak 24 JP.

Mirip dengan pola Latsar CPNS, setelah membuat rancangan Proyek Perubahan, seluruh peserta kembali menjalani kegiatan off campus untuk melaksanakan proyeknya, dan mempertanggungjawabkan hasil perubahan yang sudah mereka lakukan dalam Laporan Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV dan memaparkan laporan proyek perubahan tersebut di hadapan penguji, mentor dan coach pada Seminar Evaluasi Pelaksanaan Proyek Perubahan, 20 Juni 2019 nanti.  -rif/vad-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *