16 Hal yang Perlu Disiapkan untuk Latsar CPNS BKN 2022 Luring

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS BKN 2022 luring di Pusbangpeg ASN berlangsung selama sepuluh hari. Karenanya, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh peserta Latsar agar pelatihan berjalan dengan lancar.

Agar tidak terburu-buru atau lupa, cicil menyiapkan perlengkapan Latsar dari sekarang. Apa saja yang harus disiapkan?

Perlengkapan yang Harus Disiapkan untuk Latsar CPNS BKN 2022 Luring

  1. Kemeja Putih dan Celana Hitam

 

Kemeja putih dikenakan selama proses pembelajaran luring Latsar di kelas. Bawa beberapa helai kemeja putih untuk dipakai bergantian tiap hari agar tidak terburu waktu untuk mencuci setiap hari.

 

  1. Papan Nama dan Pin Korpri

 

Papan nama dan pin korpri dikenakan bersama kemeja putih dan celana hitam. Sematkan pin korpri di bagian dada kiri. Sementara itu, pasang papan nama di dada kanan, sedikit lebih rendah posisinya dari pin korpri.

 

  1. Dasi hitam dan Ikat Pinggang Hitam

 

Peserta Latsar wajib mengenakan dasi hitam dengan rapi selama kegiatan berlangsung. Pastikan ujung dasi tepat di atas ikat pinggang hitam.

 

  1. Sepatu Hitam dan Kaus Kaki Hitam

 

Sepatu pantofel hitam dan kaus kaki hitam dikenakan bersamaan dengan semua  atribut di atas selama pembelajaran luring di kelas.

 

  1. Hijab Hitam (bagi yang Berhijab)

 

Perempuan berhijab diharuskan mengenakan hijab hitam bersama atribut di atas pada semua kegiatan Latsar. Bila peserta pelatihan tidak berhijab dan berambut panjang, peserta pelatihan diminta untuk mengikat rambut dengan rapi.

 

  1. Laporan Aktualisasi dan Output Aktualisasi

 

Persiapkan dua rangkap laporan aktualisasi dalam bentuk cetak dan output. Kedua dokumen ini akan ditayangkan  saat seminar aktualisasi.

 

  1. Laptop dan Buku Catatan

 

Bawalah buku catatan untuk mencatat hal penting yang diterima selama pembelajaran luring. Bawa juga laptop untuk membantu jika sewaktu-waktu memerlukannya untuk membuat tugas seperti bahan tayang dan makalah.

 

  1. Perlengkapan Ibadah

 

Bawalah perlengkapan ibadah seperti alat sholat dan kitab suci karena proses ibadah. Ibadah dilaksanakan secara berjamaah setiap hari di lingkungan Pusbangpeg ASN selama Latsar.

 

  1. Celana Olahraga (Training) Hitam

 

Pusbangpeg ASN menyediakan pakaian olahraga (training) untuk peerta Latsar. Namun, peserta pelatihan diimbau untuk membawa satu stel training untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu diperlukan.

 

  1. Sepatu Olahraga

 

Sepatu olahraga digunakan selama kegiatan Pembinaan Sikap dan Perilaku. Kenakan juga sepatu olahraga saat berolahraga pada kegiatan Latsar luring di Pusbangpeg ASN.

 

  1. Pakaian Tidur

 

Bawalah beberapa stel pakaian tidur untuk kenyamanan peserta pelatihan beristirahat. Kenakan pakaian bersih saat tidur di fasilitas Pusbangpeg ASN.

 

  1. Obat-obatan Pribadi dan Masker Medis

 

Pusbangpeg ASN menyediakan klinik dan tenaga medis untuk menunjang kesehatan peserta pelatihan selama mengikuti Latsar. Namun, bawa juga obat-obatan pribadi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda sebagai backup selama menjalani pelatihan. Bawa juga masker medis untuk menjalankan protokol kesehatan.

 

  1. Peralatan Mandi

 

Bawalah peralatan mandi seperti sabun, sampo, pasta gigi, dan sikat gigi. Peralatan mandi tidak disediakan untuk peserta Latsar di asrama Pusbangpeg ASN. Namun, Pusbangpeg ASN menyediakan handuk bagi peserta pelatihan.

 

  1. Peralatan Cuci Pakaian

 

Peserta Latsar diperbolehkan untuk cuci pakaian sendiri di asrama Pusbangpeg ASN. Perlu digarisbawahi, Pusbangpeg ASN tidak menyediakan jasa laundry.

 

  1. Gantungan Pakaian

 

Pusbangpeg ASN menyediakan space untuk menggantung pakaian di dalam lemari dan jemuran handuk. Namun, Pusbangpeg ASN tidak menyediakan hanger pakaian. Karenanya, peserta pelatihan diimbau untuk membawa gantungan pakaian sendiri.

 

  1. Makanan/Minuman ringan

 

Selama Latsar, Pusbangpeg ASN menyediakan sarapan, makan siang, makan malam, serta snack pagi dan sore. Pusbangpeg ASN juga menyediakan dispenser di setiap lantai asrama. Karenanya, peserta pelatihan tidak diperkenankan untuk melakukan pesan antar makanan dan minuman melalui aplikasi online.

Namun, peserta pelatihan diperkenankan untuk membawa stok makanan atau minuman ringan saat kedatangan. Stok makanan tersebut dapat disimpan di kamar asrama atau di lemari pendingin yang tersedia di setiap lantai asrama.

Jangan lupa luangkan waktu untuk menyiapkan perlengkapan Latsar luring yang harus dibawa ke Pusbangpeg ASN. Persiapan perlengkapan Latsar yang tidak terburu-buru akan memudahkan Anda dalam menjalani pelatihan. Selamat bersiap-siap mengikuti Latsar.

 

 

 

NAWALA

Dapatkan informasi terbaru dari kami langsung di e-mail Anda