(0251) 8246800
pusbang@bkn.go.id
Bogor, Jawa Barat, INA.
blog-img
26/07/2022

Rakornas Kepegawaian 2022

Maysalina F | Pusat Pengembangan Kepegawaian

PPKASN, Juni 2022- Rakornas Kepegawaian 2022: Birokrasi dan Manajemen ASN di Masa Depan

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian kembali dilaksanakan pada 21 Juli 2022. Bertempat di Batam, Kepulauan Riau, Rakornas Kepegawaian 2022 membahas tentang birokrasi dan manajemen ASN di masa depan.

Amsakar Achmad, Wakil Walikota Batam dalam sambutannya menuturkan bahwa keberhasilan tata kelola di Indonesia sangat ditentukan oleh ASN-nya. Karenanya, ia berharap Rakornas ini menghasilkan roadmap peningkatan kapasitas ASN di masa depan.

Sementara itu, Ansar Ahmad, Gubernur Kepulauan Riau menitipkan harapannya tentang skema khusus bagi tenaga ASN non PNS.

“Kepulauan Riau terdiri dari 2.408 pulau, 379 merupakan pulau berpenghuni. Tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, masih sangat terbatas di pulau terpencil. Karenanya, kita masih membutuhkan keberadaan mereka. Meningkatkan kualitas dan kompetensi yang mereka miliki perlu menjadi perhatian,” kata Ansar Ahmad.

Sejalan dengan pendapat dan harapan Amsakar Achmad serta Ansar Ahmad, dua dari Lima Prioritas Kerja Republik Indonesia 2019-2024 tengah menyasar pembangunan SDM dan penyederhanaan birokrasi.

Rini Widyantini, Sekretaris Kementerian PANRB mengungkapkan, pemerintah Indonesia telah melaksanakan transformasi organisasi, SDMA, dan sistem kerja untuk mewujudkan birokrasi dan pelayanan publik yang kompetitif dan berkelas dunia. Transformasi tersebut ditunjukkan melalui penyederhanaan struktur organisasi di 96 kementerian atau lembaga.

Kolaborasi teknologi, industri 4.0, dan milenial dalam membangun sistem manajemen yang handal juga menjadi sorotan dalam Rakornas Kepegawaian 2022. Bima Haria Wibisana, PLT Kepala BKN mendapati, ketiga hal tersebut mendorong terjadinya digitalisasi pekerjaan, pergeseran lokasi kerja menjadi work from anywhere (WFA), dan interaksi antarpekerja yang melandai karena transformasi struktur organisasi.

Rakornas Kepegawaian 2022 turut memberikan insight berupa benchmarking ke sektor swasta dan BUMN. Menghadirkan Fansiscus Kaurrany, IT Executive Vice President BCA, Rakornas Kepegawaian 2022 menunjukkan pentingnya inovasi teknologi dalam pelayanan publik.

Fini Margarina, Head of People Operation Grab Indonesia, juga memberikan pandangannya mengenai pergeseran lokasi kerja di masa depan karena kemajuan teknologi. Muhammad Ananda Rizky Putra, Manager of PMO PT. Pegadaian Persero, sebagai wakil milenial dalam Rakornas menunjukkan pentingnya perubahan mindset dalam melakukan transformasi bisnis dan pelayanan publik.

Rakornas Kepegawaian 2022 ditutup dengan harapan Supranawa Yusuf, Wakil Kepala BKN agar seluruh ASN pasca-Rakornas ini dapat mewujudkan standar pelayanan, kinerja unit dan individu, serta sistem pengawasan yang terintegrasi.

“Penerapan sistem manajemen kinerja ASN yang beradaptasi dengan new era secara hybrid dengan menitikberatkan perhatian pada pencapaian target kinerja ASN juga harus terlaksana,” kata Supranawa Yusuf.

Ia turut berharap agar setiap ASN dapat melaksanakan Core Values BerAkhlak dan meningkatkan kompetensi di bidang digital maupun di bidang lain yang dibutuhkan di masa depan.

Rakornas Kepegawaian 2022 juga meluncurkan Kartu ASN Virtual guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas layanan kepegawaian, mendukung green economy, dan implementasi WFA melalui pemanfaatan aplikasi MySAPK. Kartu ASN Virtual berlaku sebagai kartu identitas PNS yang terjamin validitas datanya dan memudahkan pembaruan data. -ret.

Bagikan Ke:

Populer