72 Tahun BKN

Ciawi-PPASN. Kantor Urusan Pegawai Negeri yang dibentuk dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1948 tanggal 30 Mei 1948 merupakan institusi yang bertugas melakukan pembinaan kepegawaian. Dalam perkembangan selanjutnya, Kantor Urusan Pegawai (KUP) inilah yang menjadi cikal bakal Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN), sehingga tanggal 30 Mei 1948 ditetapkan sebagai tanggal lahirnya BAKN yang sekarang dirubah menjadi Badan Kepegawaian Negara (BKN).  

Hari ini, Sabtu tanggal 30 Mei 2020, BKN menyelenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BKN yang ke 72 secara virtual mengingat kondisi saat ini dengan adanya pandemi virus Covid-19 tidak memungkinkan dilaksanakan upacara seperti biasanya. Upacara diikuti oleh seluruh unit, baik di Kantor Pusat BKN Jakarta, Kantor Regional BKN, Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN,  termasuk Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN BKN. Tema upacara kali ini adalah ASN Semakin Kreatif dan Inovatif di tengah Pandemi Covid-19 sebagai upaya meningkatkan rasa cinta kepada BKN dan juga meningkatkan motivasi seluruh pegawai agar terus berkreasi dan berinovasi dalam rangka memajukan BKN.

Dalam pengarahannya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menginstruksikan seluruh pegawai untuk terus berinovasi melakukan perubahan agar mampu melakukan pelayanan yang lebih baik, di antaranya berkas-berkas yang akan beralih media, pengaplikasian tanda tangan digital (digital signature), serta penyempurnaan e-office.

Selain upacara peringatan, ulang tahun BKN juga akan dirayakan dengan berbagai kegiatan lain, seperti seminar dengan tema Strategi Manajemen ASN di Era New Normal, lomba-lomba serta pemberian santunan sosial kepada pegawai/pensiunan BKN yang berhak. Semua kegiatan dalam rangka peringatan HUT BKN ini akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku, efektif dan efisien, namun tidak mengurangi esensi peringatan HUT BKN ini.

Kepala BKN juga meluncurkan logo aplikasi Computer Assisted Test (CAT) BKN baru. Logo baru CAT BKN tersebut tidak sekedar berubah tampilan, tetapi mengandung makna dan semangat BKN dengan visi dan misinya. Sebagaimana diketahui, prestasi yang telah ditorehkan oleh BKN melalui aplikasi CAT BKN tersebut tidah hanya membawa nama baik BKN, melainkan membawa nama baik Indonesia dalam kancah internasional. Di antaranya penghargaan ASEAN Public Sector Organization of the Year pada ajang Future Gov Award se-Asia Pasifik di Kuala Lumpur tahun 2014 dan penghargaan dari World Bank kategori Civil Service Management System.

Seluruh pimpinan dan jajaran Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN mengucapkan selamat ulang tahun BKN yang ke 72, semoga BKN mampu secara terus-menerus berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih baik. -rif-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *