Tentang Kami

Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara adalah unsur pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BKN yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BKN.

Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara dipimpin oleh Kepala Pusat.

Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara mempunyai tugas merencanakan, menyelenggarakan, mengembangkan dan mengevaluasi program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, pendidikan dan pelatihan teknis manajemen Aparatur Sipil Negara, pendidikan dan pelatihan fungsional kepegawaian, pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara lainnya, penyelenggaraan pendidikan ilmu kepegawaian, serta menetapkan kerja sama, fasilitasi, dan sertifikasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan manajemen Aparatur Sipil Negara.


Dalam melaksanakan tugas, Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan rencana dan program pendidikan dan pelatihan dan pelaksanaan prajabatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil di instansi pusat dan instansi daerah;
  2. Penyusunan rencana dan program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, pendidikan dan pelatihan teknis manajemen Aparatur Sipil Negara, pendidikan dan pelatihan fungsional bidang kepegawaian di instansi pusat dan instansi  daerah;
  3. Penyusunan rencana dan program pengembangan kurikulum, silabus, modul, bahan ajar, dan metode pendidikan dan pelatihan teknis manajemen Aparatur Sipil Negara, pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara lainnya, serta pendidikan dan pelatihan fungsional bidang kepegawaian, serta pengembangan lainnya bagi Aparatur Sipil  Negara;
  4. Penyusunan rencana dan pelaksanaan pengembangan lainnya dalam bentuk pertukaran pegawai/magang, seminar, workshop (lokakarya), pengayaan tugas (job enrichment dan job enlargement), coaching, mentoring, dan bentuk program lainnya;
  5. Penyusunan rencana dan program pendidikan dan pelatihan serta pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara lainnya bagi PPPK;
  6. Pemberian fasilitasi dan/atau kerjasama dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, pendidikan dan pelatihan teknis manajemen Aparatur Sipil Negara, serta pendidikan dan pelatihan fungsional bidang kepegawaian oleh instansi pusat dan instansi daerah;
  7. Pemberian akreditasi dan/atau sertifikasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis manajemen Aparatur Sipil Negara dan pendidikan dan pelatihan fungsional bidang kepegawaian yang diselenggarakan oleh instansi pusat dan  instansi  daerah;
  8. Pelaksanaan koordinasi, monitoring dan/atau evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan prajabatan, pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, pendidikan dan  pelatihan teknis manajemen Aparatur Sipil Negara, pendidikan dan pelatihan fungsional di bidang kepegawaian, serta pendidikan dan pelatihan teknis dan fungsional  kepegawaian di  lingkungan  BKN;
  9. Pelaksanaan koordinasi, monitoring dan/atau evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis manajemen Aparatur Sipil Negara, dan serta pendidikan dan pelatihan fungsional bidang kepegawaian, serta pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara lainnya yang diselenggarakan instansi pusat dan instansi daerah;
  10. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama penyelenggaraan pendidikan ilmu kegawaian;
  11. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan penyelenggaraan tugas dan fungsi Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara;  dan
  12. Pelaksanaan pelayanan administrasi Pusat.

Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara terdiri atas:

  1. Bagian Tata Usaha;
  2. Bidang Pengelolaan Pengembangan Aparatur Sipil  Negara;
  3. Bidang Pengelolaan Pendidikan Ilmu Kepegawaian;  dan
  4. Kelompok Jabatan Fungsional.