Selayang Pandang


Sejalan dengan visi Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (PUSBANG ASN) menjadi Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Nasional Berbasis Human Capital, misi Pusbang ASN yaitu mewujudkan ASN yang profesional, bermartabat, dan memiliki daya saing global berbasis IT. Selanjutnya dalam Renstra PUSBANG ASN 2015-2019, Pusang ASN ke depan akan menjadi Talent Development Center (TDC) dengan 4 strategi yakni (1) Pelatihan Manajemen ASN dengan target melahirkan struktur kurikulum dan modul manajemen ASN berdasarkan jenjang jabatan (JPT Pratama, Administator, Pengawas dan Pelaksana); (2) Pengembangan talenta dengan target kejelasan silabus dan modul pengembangan; (3) Sertifikasi dengan target melahirkan pedoman sertifikasi/modul teknis untuk memberikan sertifikasi pengelola ASN mulai dari perencanaan hingga pemberhentian; serta (4) Akreditasi dengan target adanya Pedoman akreditasi penyelenggara diklat manajemen ASN.

Dalam rangka mendukung diklat yang lebih berkualitas, PUSBANG ASN juga ke depan akan memperbanyak penulisan studi kasus sebagai bagian materi pelatihan manajemen ASN. Pemutakhiran Manajemen Diklat ASN yang lain, adalah berupa pengayaan metode ke arah action-based learning; pembuatan pedoman pelatihan penjenjangan untuk pengelola kepegawaian; dan capacity building facilitator yang berkelanjutan sejalan dengan perkembangan lingkungan strategis serta bersertifikat pada bidang ampuannya masing-masing.

Beberapa program pentingan Pusbang ASN, antara lain, pemutakhiran Direktori Diklat Manajemen ASN. dan program lain yang akan dilakukan adalah Penyusunan Buku Soft Competency Development Directory, yakni buku pedoman kegiatan pengembangan untuk setiap kompetensi manajerial (soft competency) yang dapat menjadi rujukan pengembangan soft competency ASN.

Direktori Diklat Manajemen ASN merupakan inisiatif strategis awal yang mendukung PUSBANG ASN BKN untuk bertransformasi menjadi Corporate University, yang terdiri dari Management LearningManagement Research dan Management Improvement Activities. Management Learning berfokus pada peningkatan kualitas Diklat Manajemen ASN. Management Research berfokus pada pengembangan penelitian/studi kasus untuk menjawab berbagai macam permasalahan terkait manajemen ASN. Adapun Management Improvement Activities adalah kegiatan dimana PUSBANG ASN dapat membantu pendampingan instansi dalam implementasi peningkatan kualitas manajemen ASN di setiap instansi yang membutuhkan.

Dalam kerangka diatas, PUSBANG ASN akan lebih aktif mengembangkan jejaring untuk mendukung kerjasama antar lembaga, kegiatan sharing /benchmark, dan lain-lain dengan BUMN, swasta, instansi pemerintah, serta perguruan tinggi dalam dan luar negeri. PUSBANG ASN juga akan mengoptimalkan fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar 24 jam berbasis IT dan e-learning, dengan fasilitas pendukung pengembangan kompetensi yang lengkap. Melalui seluruh program strategik tersebut, diharapkan PUSBANG ASN semakin memperkokoh perannya dalam membangun profesionalisme pengelolaan ASN secara keseluruhan.

Ciawi, April 2017

Dr. Ahmad Jalis, M.A.

Kepala Pusat Pengembangan ASN