RAKORBANG ASN 2019

Ciawi-PPASN. Rapat Koordinasi Pengembangan Aparatur Sipil Negara Tahun 2019 (Rakorbang ASN 2019) dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 21 dan 22 November 2019 bertempat di Kantor Pusat Pengembangan ASN BKN, Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Rakorbang ASN 2019 dilaksanakan dengan tema “Strategi Pengembangan Pengelola Kepegawaian sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Instansi Pemerintah”. Peserta Rakorbang ASN 2019 berjumlah 250 pejabat pengelola kepegawaian dari internal BKN baik Kantor Pusat maupun Kantor Regional, Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Lantas, apa saja yang dilakukan para peserta pada saat Rakorbang ASN 2019 dilaksanakan? Berikut rundown kegiatan pada hari I pelaksanaan Rakorbang ASN 2019.

1. Registrasi

Registrasi dimulai pukul 07.00 WIB melalui aplikasi registrasi yang dibuat oleh Tim IT Pusat Pengembangan ASN. Dimana sebelumnya, para peserta sudah melakukan pendaftaran secara online pada website pusbangasn.bkn.go.id. Peserta diwajibkan menunjukkan barcode tanda registrasi online, melakukan scanning barcode pada kamera komputer yang sudah disediakan di bagian registrasi, baru setelah itu mereka bisa masuk ke ruangan untuk mengikuti Rakorbang ASN 2019.

2. Sharing Session I 

Ya, dimulai pukul 08.00 WIB, akademisi, praktisi bisnis yang juga merupakan guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Prof. Rhenald Kasali menjadi narasumber dalam sharing session pertama dengan tema “Strategi Pengembangan Pegawai dalam Menghadapi Era Disrupsi”

3. Pembukaan Rakorbang ASN 2019 

Tepat pukul 10.00 WIB, Kepala BKN Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS bersama Kepala Pusat Pengembangan ASN Dr. Ahmad Jalis, M.A. membuka Rakorbang ASN 2019. Pembukaan dilakukan dengan pemutaran video pembukaan Rakorbang ASN 2019, dimeriahkan dengan pertunjukan tari Perang dari Papua yang dibawakan oleh Mahasiswa Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK) BKN, dilanjutkan dengan pengarahan Kepala BKN, dan diakhiri dengan penandatanganan kerjasama dengan Kementerian Agama, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terkait pengembangan ASN.

4. Pemaparan Program Pengembangan ASN

Pada pemaparan program, Kepala Pusat Pengembangan ASN Dr. Ahmad Jalis, MA memberikan materi tentang Hasil Pelatihan dan Sertifikasi Teknis Manajemen ASN 2019; Program Pengembangan Tahun 2020; dan Penjelasan Garis Besar Klinik Pengembangan.

5. Registrasi Klinik Pengembangan

Selesai mengikuti pemaparan program pengembangan, peserta kembali melakukan registrasi untuk dapat mengikuti klinik pengembangan di hari kedua. Ada enam klinik pengembangan yang disediakan untuk dipilih sesuai minat peserta, yaitu Coaching dan Mentoring Kepegawaian, Pendidikan Ilmu Kepegawaian BKN, Individual Development Plan (IDP), Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Manajemen ASN, Program Pengembangan Pejabat Fungsional Kepegawaian, dan Pemagangan ASN.

6. Gala Dinner

Hari pertama Rakorbang ASN 2019 diakhiri dengan gala dinner, kegiatan ramah-tamah seluruh peserta dengan iringan live music, yang dimulai pukul 18.30 sampai 21.00 WIB bertempat di halaman Pusat Pengembangan ASN. -rif-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *