Pusbang Rampungkan 15 Angkatan Latsar

Ciawi-PPASN. Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang. (sumber: Peraturan LAN No. 12 Tahun 2018)

Berbeda dari tahun 2018 yang dilaksanakan selama 113 hari (33 on campus; 80 hari kerja off campus), tahun ini Latsar CPNS hanya dilaksanakan selama 51 hari (21 on campus; 30 hari kerja off campus). Struktur Kurikulum Latsar CPNS terdiri atas Struktur Kurikulum pembentukan karakter PNS yang terbagi dalam agenda sikap perilaku bela negara; nilai–nilai dasar PNS; kedudukan dan peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dan habituasi, dan Struktur Kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas yang menekankan pada praktik pengembangan kompetensi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan jabatan yang terbagi dalam agenda untuk memenuhi Kompetensi Teknis Administratif dan agenda untuk memenuhi Kompetensi Teknis Substantif.

Pusat Pengembangan ASN sudah merampungkan seluruh rangkaian kegiatan Latsar CPNS tahun 2019 ini. Latsar CPNS di Pusat Pengembangan ASN dilaksanakan sejumlah 15 angkatan, dimana pesertanya berasal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Pemerintah Kota Bekasi dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Lantas bagaimana hasilnya?

Ya, mereka LULUS 100%!

Kepala Bagian Umum Pusat Pengembangan ASN dalam acara Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2019 pada Jumat (29/11/2019) kemarin melaporkan bahwa jumlah seluruh peserta Latsar CPNS tahun 2019 ada 491 peserta, 167 orang dari BKN, 267 orang dari Pemerintah Kota Bekasi, 56 orang dari Badan POM, dan 1 orang tambahan dari Badan Siber dan Sandi Negara. Semuanya dinyatakan lulus dan layak untuk diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil di instansi masing-masing.

Latsar CPNS 2019 ditutup secara resmi oleh Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) Haryomo Dwi Putranto. Pada sambutannya, Deputi PMK mengapresiasi keberhasilan Pusat Pengembangan ASN dalam menyelenggarakan Latsar CPNS tahun ini. Beliau juga mengingatkan para CPNS agar selalu menjaga kesehatan karena mereka harus lolos tes kesehatan terlebih dahulu sebelum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. rif/aym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *