Pembukaan ToT, ToF dan FAK

Ciawi-PPASN. Senin (02/03/2020) ini, dimulai pelatihan yang diselenggarakan di Pusat Pengembangan ASN BKN tahun 2020. Pelatihan pertama yang diadakan adalah Pelatihan Fungsional Analis Kepegawaian (FAK) untuk jenjang terampil dan ahli. Peserta pelatihan berasal dari seluruh instansi di Indonesia baik pusat maupun daerah dengan peserta 48 orang.

Pelatihan FAK dibuka secara resmi pagi ini oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana, yang sekaligus membuka Training of Trainer (ToT) dan Training of Facilitator (ToF) Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pengelola Kepegawaian. Pada pengarahannya, Kepala BKN membahas tentang perubahan zaman. Beliau mengatakan bahwa perlu ada perubahan yang signifikan dalam standar kompetensi, unit kompetensi dan model kompetensi. Perubahan itu penting. Melalui pelatihan yang diikuti, diharapkan para peserta tidak hanya mengikuti pola pelatihan yang berjalan, melainkan juga memberikan saran terkait materi-materi yang diberikan apakah masih relevan atau perlu ada perubahan mengikuti era saat ini.

BKN memiliki kewenangan untuk membina jabatan fungsional kepegawaian, yaitu Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur, Auditor Kepegawaian dan Analis Kepegawaian, sedangkan untuk pelatihan fungsional hanya diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan ASN BKN. PNS yang ingin mengikuti pelatihan fungsional kepegawaian, harus mendaftarkan diri di Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian (Pusbin JFK) BKN. Daftar peserta yang disusun oleh Pusbin JFK selanjutnya akan diserahkan pada Pusat Pengembangan ASN BKN untuk diikutsertakan dalam pelatihan.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 17 ayat (21 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 ditentukan bahwa pengangkatan PNS dalam suatu jabatan dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalisme sesuai kompetensi, prestasi kerja, dan jenjang pangkat yang ditetapkan untuk  jabatan itu serta syarat obyektif lainnya, tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras, atau golongan, Pengangkatan jabatan fungsional Analis Kepegawaian adalah pengangkatan untuk mengisi lowongan formasi Analis Kepegawaian dapat dilakukan melalui pengangkatan pertama sesuai tambahan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan perpindahaan dari jabatan lain.

Peserta Pelatihan FAK Keahlian akan mengikuti pelatihan selama 13 hari yaitu dari 2 s.d. 13 Maret 2020, sementara peserta pelatihan FAK Keterampilan akan mengikuti pelatihan selama 12 hari dimulai dari 2 s.d. 12 Maret 2020. Sebelumnya, para peserta sudah terlebih dahulu mengikuti pembelajaran melalui aplikasi e-learning Pusat Pengembangan ASN yang dimulai dari 24 s.d. 28 Februari 2020. Rencana pada tahun 2020 ini, pelatihan FAK akan digelar 6 angkatan untuk tingkat keahlian dan 2 angkatan untuk tingkat keterampilan. -rif-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *