Orientasi Maba PIK

Bogor-PPASN. Mahasiswa baru Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK) BKN mengikuti Orientasi Mahasiswa Studi Mahasiswa Baru (OSMB) masa registrasi 2020.1 yang diselenggarakan Universitas Terbuka (UT) Bogor pada Sabtu (22/02/2020) dan diikuti para mahasiswa baru yang berasal dari berbagai program studi di lingkungan UT. Sebagaimana diketahui, PIK kerjasama dengan UT untuk menyelenggarakan perkuliahan. OSMB ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan setiap penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan ini termasuk dalam agenda Edukasi Kesiapan Belajar Mandiri atau (EKBM). Ada dua kegiatan yang termasuk dalam agenda EKBM, OSMB dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh). Kedua acara ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar siap mempelajari setiap materi perkuliahan dengan mudah saat pelaksanaan tutorial nanti.

Dilansir dari laman resmi UT, OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka OSMB di UT ditekankan pada proses belajar mandiri. Adapun tujuan OSMB bagi mahasiswa UT adalah:

  1. Mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ-UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ-UT secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ-UT yang nyaman, tertib, dan dinamis.
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang da lam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mahasiswa baru PIK yang tahun ini memasuki Angkatan XIII berjumlah 35 mahasiswa. OSMB ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa kepada sistem perkuliahan di UT sekaligus memperkenalkan mahasiswa kepada jajaran pimpinan UT Bogor termasuk tenaga kependidikan yang nantinya akan melayani kebutuhan akademik mahasiswa.

Saat ini, ada 5 angkatan yang masih aktif menjalani perkuliahan di PIK, yaitu angkatan IX, X, XI, XII dan mahasiswa baru angkatan XIII ini. Sementara mahasiswa baru mengikuti OSMB, senior mereka sedang menjalani Praktik Kerja Kepegawaian (PKK) yang disebar di semua unit di Kantor Pusat BKN Jakarta. Seluruh mahasiswa akan mulai mengikuti tutorial pada 9 Maret 2020 mendatang bertempat di Pusat Pengembangan ASN BKN, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. -rif-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *