Mengintip Kesibukan Latsar

Ciawi-PPASN. Menjelang Seminar Evaluasi Pelaksanaan Aktualisasi Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III, Rabu (11/09/2019) ini para peserta Latsar CPNS Gelombang 3 angkatan 6, 7, dan 8 sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan diri untuk dievaluasi. Setelah mengaktualisasikan nilai-nilai dasar CPNS di unit kerja masing-masing, para peserta yang berasal dari BKN, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Pemerintah Kota Bekasi tersebut diwajibkan memaparkan hasil pelaksanaan aktualisasi mereka dan mendokumentasikannya dalam Laporan Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS.

Lantas, apa saja yang mereka lakukan menjelang evaluasi?

Para peserta Latsar CPNS sebelumnya sudah membuat rancangan aktualisasi pada saat on campus selama 18 hari di Pusat Pengembangan ASN. Rancangan tersebut mereka aktualisasikan selama 30 hari masa off campus di unit kerja masing-masing dengan bimbingan mentor. Dua hari menjelang evaluasi, para peserta kembali ke Pusat Pengembangan ASN untuk mengikuti bimbingan dengan para coach terkait penyusunan laporan aktualisasi dan bahan tayang seminar. Coach akan mengarahkan para peserta agar laporan aktualisasi yang mereka buat dapat disusun dengan sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan di depan penguji.

Sebagian peserta sudah siap dengan laporan dan bahan tayang mereka, namun banyak juga yang belum selesai sehingga dalam dua hari on campus menjelang seminar, mereka sangat sibuk menyelesaikan laporan dan bahan tayang. Kendala terbesar dalam penyusunan laporan aktualisasi adalah pekerjaan mereka. Ya, selain mengerjakan kegiatan yang sudah mereka rencanakan dalam rencana aktualisasi dan menyusun laporan, mereka juga harus melaksanakan tugas di unit kerja mereka sesuai jabatannya. Tentunya mereka harus bisa membagi waktu seefektif mungkin agar pekerjaan mereka rampung, aktualisasi juga terselesaikan. Kendala tersebut tidak boleh mereka jadikan beban, justru harus dijadikan motivasi, dijadikan pengalaman yang dapat meningkatkan etos kerja, yang pastinya akan bermanfaat pada masa yang akan datang. -rif-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *