KLINIK PENGEMBANGAN RAKORBANG ASN 2019

Ciawi-PPASN. Masih membahas Rapat Koordinasi Pengembangan Aparatur Sipil Negara Tahun 2019 (Rakorbang ASN 2019), Jumat (22/11/2019) ini adalah hari kedua pelaksanaan kegiatan tersebut. Apa saja yang “asik” di hari kedua ini? Yuk kita simak!

1. Klinik Pengembangan

a. Coaching dan Mentoring Kepegawaian

Arah pelatihan Coaching dan Mentoring Kepegawaian bukan sekedar menciptakan pemimpin, tetapi menciptakan Pemimpin Perubahan, kepemimpinan yang adaptif mampu mentolerir situasi yang paradox. Materi coaching dan mentoring kepegawaian dibawakan oleh Konsultan Swissanto Soerojo dan Widyaiswara Utama BKN Pepen Julia Efendi

b. Program Pendidikan Ilmu Kepegawaian BKN

Program PIK BKN dibawakan oleh Kepala Bidang PIK Rihard Hasugian bersama Konsultan Erny Murniati dan Widyaiswara Utama Satya Supardi. Misi diselenggarakannya PIK adalah Menyelenggarakan pendidikan dan penerapan ilmu pengetahuan di bidang manajemen ASN dan pengembangan sistem manajemen ASN; Melaksanakan penelitian di bidang manajemen ASN dan pengembangan sistem manajemen ASN; dan Melaksanakan pengabdian di bidang manajemen ASN dan pengembangan sistem manajemen ASN dalam pemerintahan.

c. Individual Development Plan (IDP) ASN

Kepala Pusat Pengembangan ASN Ahmad Jalis bersama David Malcolm Knowles dari Harrison Assessment. Mereka memaparkan materi tentang penyusunan IDP atau rencana pengembangan pegawai yang meliputi pengembangan secara klasikal dan nonklasikal sebagai jawaban tuntutan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK berkaitan dengan hak pengembangan ASN.

d. Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Manajemen ASN

Pusat Pengembangan ASN merancang dan melaksanakan pelatihan teknis Manajemen ASN berdasarkan kebutuhan masing-masing jenjang jabatan. Materi pelatihan manajemen ASN disesuaikan dengan jabatan calon peserta pelatihan. Narasumber dalam klinik pengembangan ini adalah Rita Kardinasari bersama Widyaiswara Utama BKN Iwan Hermanto dan Edy Sujitno.

e. Program Pengembangan Pejabat Fungsional Kepegawaian (Asesor, Analis, dan Auditor Kepegawaian)

Pemberian materi ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran dan informasi tentang Pelatihan Fungsional Analis Kepegawaian, Auditor Kepegawaian, serta Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur. Narasumber pada klinik pengembangan ini adalah Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian BKN Herman dan Widyaiswara Uama BKN Kuspriyomurdhono.

f. Pemagangan ASN

Pemagangan ASN bertujuan Memberi kesempatan kepada ASN utamanya yang bertanggungjawab dalam pengelolaan/pengembangan talenta ASN dari Kementerian/Lembaga dan Instansi Daerah untuk melakukan praktik terbaik terkait dengan talent management sekaligus memberikan pengalaman kepada ASN untuk mengamati dan mengadaptasi best practice pelaksanaan manajemen talenta di tempat magang. Narasumber dalam klinik pengembangan pemagangan ASN adalah Widyaiswara Utama BKN Edy Wahyono dan Joko Sutrisno.

2. Sharing Session 2

Sharing session kedua mengundang narasumber Commissioner di PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, Marcelino Pandin. Beliau memberikan materi Strategi Pengelolaan Pegawai untuk Peningkatan Kinerja Instansi Pemerintah.

3. Penutupan Rakorbang ASN 2019

Rakorbang ASN 2019 ditutup secara resmi oleh Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf. Sekretaris Utama BKN mengapresiasi penyelenggaraan Rakorbang ASN tahunan ini sebagai upaya koordinasi yang baik antara BKN dengan pejabat pengelola kepegawaian di instansi pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kepegawaian di Indonesia. -rif-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *